Sunday, March 21, 2010

Klasifikasi Jembatan

KLASIFIKASI JEMBATAN
  1. Klasifikasi jembatan terdiri dari kelas A dan B, tergantung dari lebar lajur lalu lintas, seperti yang ditentukan.
  2. Potongan melintang dari pada tipe jembatan rangka baja tergantung pada lebar jalur lalu lintas, harus dirancang sebagai berikut :
Kelas A - Lebar jalur lalu lintas 7,00 m (lajur ganda) ditambah 1,00 m lebar trotoar untuk pejalan kaki dan sandaran pada kanan dan kiri jembatan.

Kelas B - Lebar jalur lalu lintas 6,00 m (lajur ganda) ditambah 0,50 m lebar trotoar untuk pejalan kaki dan sandaran pada kanan dan kiri jembatan.

PANJANG STANDAR
  1. Minimum Tinggi bebas vertikal antara lantai (aspal) dengan bagian bawah bentang atas sebesar 5,10 meter.
  2. Panjang betang standar yang ditentukan dari 40 m sampai dengan 60 m dengan penambahan 5,0 m. Jarak antar tumpuan dengan rangka pengubung pada setiap pilar adalah 1,70 m.
  3. Setiap bentang standar diidentifikasikan dengan huruf A dan B yang diikuti angka yang menujukkan panjang bentang, misalnya bentang 40 m dengan lebar jalur lalu lintas 7,00 m ditulis sebagai A40.
  4. Penamaan komponen-komponen dari setiap bentang standar harus singkat dan jelas.

Sunday, March 14, 2010

Retak pada Struktur Beton

Batas retak berbagai kondisi lingkungan dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Friday, March 12, 2010

Meningkatkan mutu beton meningkatkan berat jenis???

Meningkatkan mutu beton meningkatkan berat jenis???

Semua jenis material memiliki berat jenis, padat, cair maupun gas. Yang menjadi pertanyaan adalah apa beton mutu tinggi, beton ringan dan beton berat memiliki berat jenis yang berbeda dengan beton normal yang memiliki berat jenis 2400 kg/m3.

Hal ini sangat memerlukan kajian yang lebih mendalam, untuk beton normal mix designnya mendekati 1 : 2 : 3. Untuk jenis beton yang lain apakah berlaku campuran beton seperti itu? atau bila agregatnya sudah diganti dengan agregat buatan?

Perlu diperhatikan bahwa berat jenis tergantung dari jenis beton, jangan sampai nantinya para engineer salah dalam melakukan analisa beban yang, terutama menentukan beban dead load (DL), bila terjadi salah analisa akibatnya bisa Fatal.

berikut ini sedikit hasil mengenai berat jenis beton :
beton normal 2200 - 2500 kg/m3
beton ringan < 1900 kg/m3
beton berat 3300 kg/m3

Keuntungan Beton Mutu Tinggi

Dengan Beban yang sama? bagaimana merencanakan balok beton gelagar jembatan yang efektif. Kata efektif disini dapat diartikan, dengan aman dan biaya rendah. Tentunya untuk mendapatkan beton seperti ini harus memerlukan keahlian dibidang beton yang tinggi.

Gelagar beton pracetak untuk jembatan umumnya dibuat dengan mutu fc’ 35-45 MPa.
Penggunaan beton mutu tinggi dengan peningkatan ~50% kuat tekan silinder sampai mencapai
65-75 MPa, akan memberikan keuntungan dan efisiensi terhadap penggunaan beton biasa yang
diuraikan sebagai berikut. Dengan hanya meningkatkan mutu beton akan diperoleh beberapa keuntungan, yang akan saya jelaskan sebagi berikut :

Mari kita analisis, bila suatu gelagar kita ambil beton konvensional (bentuk persegi) :
Beban diatas balok = 325 kN/m
h = 700 mm ; b = 400 mm ; f'c = 20 MPa ; L = 6 m (anggap jumlah tulangan tetap) As = 2 x dim12 = 225,695 mm2
Nilai 0,8Mn = 368,73 kNm > 325 kNm
Dari hasil perhitungan ternyata balok ini masih AMAN digunakan....
Berat Beton = 0,7 x 0,4 x 2400 x 6 = 4032 kg = 4,032 ton

PERHATIKAN
Bagaimana jika mutunya kita naikkan

coba gunakan f'c = 40 MPa ; dari hasil perhitungan ternyata :
untuk dimensi beton diperoleh h = 300 mm ; b = 150 mm
Nilai 0,8Mn = 340,87 kNm > 325 kNm
Dari hasil perhitungan ternyata balok ini masih AMAN digunakan....
Berat Beton = 0,15 x 0,3 x 2400 x 6 = 648 kg = 0,648 ton

Jadi dengan peningkatan mutu beton, maka dapat menghemat dimensi dan berat beton.

Perbedaan Beton K- dan f'c

Nilai kuat tekan beton kadangkala ada yang menyebut K- misalnya K-200 ; K-175 ; K-300 atau ada yang menyebut f'c 20; f'c 25; f'c 30. Kedua nilai ini ada adalah nilai kuat tekan beton. Hal ini tentunya dapat membuat suatu kebingungan? di satu pihak ada yang menggunakan K- di satu pihaknya ada yang menggunakan f'c. Kemudian apa yang menjadi perbedaan antara keduanya.

Penggunaan K dan f'c
Nilai K digunakan hanya untuk benda uji berbentuk KUBUS
Nilai MPa digunakan hanya untuk benda uji berbentuk SILINDER

Satuan K dan f'c
Nilai K menggunakan satuan kg/cm2
Nilai f'c menggunakan satuan MPa (N/mm2)
1 MPa = 10 kg/cm2

Hubungan K dan f'c
Dalam desain bila mencantumkan nilai K atau f'c harus di konversi sebaliknya.
Kubus 15x15x15 (K) = 1
Kubus 20x20x20 = 0,95
Kubus 10x10x10 = 1,07

Silinder 15x30 (f'c) = 0,83

Contoh :
Kubus yang digunakan = 15x15x15

f'c = 30 MPa = 300 kg/cm2 ---> K (1/0,83).300 = K-361 MPa

K-250 ---> f'c(0,83/1).250 / 10 = f'c 20,75 MPa

Pertanyaan Seputar Beton

Apa perbedaan antara semen dan beton?

Meskipun istilah semen dan beton sering digunakan secara bergantian, semen sebenarnya merupakan bahan dasar beton. Beton pada dasarnya adalah campuran antara agregat dan pasta. Jenis agregat adalah pasir dan batu kerikil atau dihancurkan; dan pasta adalah campuran antara air dan semen portland. Beton semakin kuat karena bertambahnya umur beton. Semen portland bukan nama merek, tetapi istilah umum untuk jenis semen yang digunakan dalam hampir semua beton, seperti stainless adalah jenis baja dan sterling jenis perak. Semen terdiri dari 10-15 persen dari volume campuran beton. Melalui proses yang disebut hidrasi, semen dan air yang mengeras dan mengikat agregat menjadi batu-batuan massa. Proses pengerasan ini terus berlanjut selama bertahun-tahun yang berarti bahwa beton semakin kuat karena bertambahnya umur beton.

Jadi, tidak ada yang namanya perkerasan semen atau pengaduk semen, istilah yang tepat adalah perkerasan beton dan beton mixer.

Bagaimana semen portland dibuat?

Bahan yang mengandung kalsium sesuai jumlah senyawa, silika, alumina dan oksida besi dihancurkan dan disaring, kemudian ditempatkan dalam tempat pembakaran semen yang berputar. Bahan yang digunakan dalam proses ini biasanya bahan-bahan seperti batu gamping, marl, serpih, bijih besi, tanah liat, dan fly ash.

Tempat pembakaran besar horizontal menyerupai pipa dengan diameter 10 hingga 15 kaki (3-4,1 meter) dan panjang 300 kaki (90 meter) atau lebih. Satu ujung ditinggikan sedikit. Bahan baku campuran ditempatkan pada ujung yang tinggi dan sebagai tempat pembakaran bahan-bahan yang berputar bergerak perlahan ke arah ujung bawah. Flame jet berada di ujung bawah dan semua bahan dalam tungku yang dipanaskan sampai temperatur tinggi yang berkisar antara 2700 dan 3000 Fahrenheit (1480 dan 1650 Celcius). Ini panas tinggi drive off, atau calcines, maka gabungan kimia air dan karbon dioksida dari bahan baku dan membentuk senyawa baru (tricalcium silikat, dikalsium silikat, tricalcium aluminate dan tetracalcium aluminoferrite). Untuk setiap ton bahan yang masuk ke akhir pakan tempat pembakaran, dua pertiga dari satu ton yang berasal dari pembuangan akhir, yang disebut kerak besi. Klinker ini adalah dalam bentuk pelet ukuran marmer. Yang klinker tanah sangat halus untuk menghasilkan semen portland. Sejumlah kecil gypsum yang ditambahkan selama proses penggilingan untuk mengendalikan semen yang mengatur atau tingkat pengerasan.

Apa artinya untuk "merawat" beton?

Curing merupakan salah satu langkah yang paling penting dalam konstruksi beton, karena pengobatan yang tepat sangat meningkatkan kekuatan dan ketahanan beton. Beton mengeras sebagai akibat hidrasi: reaksi kimia antara semen dan air. Namun, hidrasi air terjadi hanya jika tersedia dan jika suhu beton tetap berada dalam kisaran yang cocok. Selama periode perwatan dari lima hingga tujuh hari setelah pengecoran beton konvensional, permukaan beton harus tetap lembab untuk memungkinkan proses hidrasi. beton baru dapat basah dengan perendaman, alat penyiram atau ditutupi dengan karung basah, atau dapat dilapisi dengan senyawa menyembuhkan tersedia secara komersial, yang menyegel kelembaban.

Dapatkah terlalu panas atau terlalu dingin untuk menempatkan beton baru?

Temperatur yang terlalu membuat sulit untuk benar perawatan beton. Pada hari-hari panas, terlalu banyak air yang hilang akibat penguapan dari beton yang baru ditempatkan. Jika suhu turun terlalu dekat dengan titik beku, hidrasi melambat hampir berhenti. Dengan kondisi tersebut, beton berhenti untuk mendapatkan kekuatan dan sifat-sifat yang diinginkan lainnya. Secara umum, suhu beton baru tidak boleh dibiarkan jatuh di bawah 50 Fahrenheit (10 derajat celcius) selama periode pengobatan.

Apa entrained udara beton?

Air-entrained beton berisi udara mikroskopis miliaran sel per kubik kaki.Kantong-kantong udara ini mengurangi tekanan internal pada beton dengan menyediakan ruang-ruang kecil untuk air untuk memperluas ke ketika mengeras. Udara beton entrained dihasilkan melalui penggunaan udara entraining semen portland, atau oleh pengenalan udara-entraining agen, di bawah pengawasan teknik berhati-hati sebagai campuran beton pada pekerjaan. Jumlah udara entrained biasanya antara 4 persen dan 7 persen dari volume beton, tetapi dapat bervariasi seperti yang dipersyaratkan oleh kondisi khusus.

Apa yang disarankan proporsi campuran beton yang baik?

Beton yang baik dapat diperoleh dengan menggunakan berbagai proporsi campuran jika prosedur desain campuran yang tepat digunakan. Aturan umum yang baik untuk digunakan adalah aturan dari 6's:

  • Isi semen minimum dari 6 kantong per kubik meter beton,
  • Kadar air maksimum dari 6 galon per kantong semen,
  • Sebuah peroide menyembuhkan (menjaga beton basah) minimal 6 hari,
  • Isi udara 6 persen (jika beton akan dikenakan pembekuan dan pencairan).

Mengapa beton retak?

Beton, seperti semua bahan lain, akan sedikit perubahan volume ketika mengering. Beton khas perubahan ini mencapai sekitar 500 millionths.Diterjemahkan ke dalam dimensi-ini adalah sekitar 1 / 16 dari satu inci di 10 kaki (,4 cm 3 meter). Alasan bahwa kontraktor membuat sendi di trotoar dan lantai beton adalah untuk memungkinkan konkret untuk memecahkan rapi, garis lurus pada persendian ketika volume beton perubahan karena penyusutan.

Mengapa tes beton?

Beton akan diperiksa untuk memastikan bahwa materi yang ditentukan dan membeli bahan yang sama dikirimkan ke tempat kerja. Ada selusin cara uji yang berbeda untuk campuran beton segar dan setidaknya selusin lagi tes untuk beton mengeras, tidak termasuk metode pengujian yang unik untuk organisasi seperti Korps Zeni Angkatan Darat, Federal Highway Administration, dan negara departemen transportasi.

Apa saja tes yang paling umum untuk beton segar?

Merosot, isi udara, satuan berat dan kekuatan tekan tes tes yang paling umum.

  • Kemerosotan adalah ukuran dari konsistensi, atau kemampuan relatif beton mengalir. Jika beton tidak dapat mengalir karena konsistensi atau kemerosotan terlalu rendah, ada potensi masalah dengan konsolidasi yang tepat. Jika beton tidak akan berhenti mengalir karena penurunan terlalu tinggi, ada potensi masalah dengan mortir kerugian melalui formwork, formwork tekanan yang berlebihan, finishing penundaan dan segregasi.
  • Konten udara mengukur total isi udara dalam sampel beton segar, tetapi tidak menunjukkan apa-final di tempat konten akan udara, karena sejumlah udara hilang dalam transportasi, konsolidasi, penempatan dan finishing. Tiga uji lapangan ditentukan secara luas: meter tekanan dan metode volumetrik adalah standar ASTM dan Chace Indicator adalah sebuah prosedur AASHTO.
  • Mengukur satuan berat berat volume yang diketahui beton segar.
  • Kekuatan tekan diuji dengan menuangkan silinder beton segar dan mengukur gaya yang dibutuhkan untuk memecahkan silinder beton pada interval dilarang ketika mereka mengeras. Menurut Persyaratan Bangunan Kode Reinforced Concrete (ACI 318), selama tidak ada tes tunggal yang lebih dari 500 psi di bawah kekuatan desain dan rata-rata tiga tes berturut-turut sama dengan atau melebihi kekuatan desain maka beton dapat diterima. Jika tes kekuatan tidak memenuhi kriteria ini, langkah-langkah harus diambil untuk meningkatkan rata-rata.

Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda mendapatkan jumlah beton anda membayar?

Indikator yang sebenarnya adalah hasil, atau volume yang sebenarnya dihasilkan berdasarkan jumlah batch yang sebenarnya semen, air dan agregat.Berat unit tes dapat digunakan untuk menentukan hasil sampel dari campuran beton siap dikirim. Ini adalah perhitungan sederhana yang membutuhkan satuan berat dari semua bahan batched. Berat total informasi dapat ditampilkan pada pengiriman tiket atau dapat disediakan oleh produser. Banyak produsen beton benar-benar atas hasil oleh sekitar 1 / 2 persen untuk memastikan mereka tidak kurang mendidik pelanggan mereka. Tetapi produsen lain mungkin tidak menyadari bahwa campuran dirancang untuk satu meter kubik mungkin hanya menghasilkan 26,5 kubik kaki atau 98 persen dari apa yang mereka dirancang.

Mengapa permukaan beton serpihan dan pecahan?

Permukaan beton dapat serpihan atau pecahan untuk satu atau lebih dari alasan berikut:

  • Di daerah-daerah negara yang mengalami pembekuan dan pencairan harus beton udara-entrained untuk melawan mengelupas dan skala dari permukaan. Jika beton entrained udara tidak digunakan, akan ada kerusakan berikutnya ke permukaan.
  • Air / semen rasio harus serendah mungkin untuk meningkatkan daya tahan permukaan. Terlalu banyak air dalam campuran akan menghasilkan lebih lemah, kurang tahan lama beton yang akan memberikan kontribusi untuk awal mengelupas dan spalling dari permukaan.
  • Operasi finishing tidak boleh dimulai sampai kemilau air di permukaan hilang dan berdarah kelebihan air di permukaan memiliki kesempatan untuk menguap. Jika kelebihan air ini adalah bekerja ke beton karena operasi finishing mulai terlalu cepat, beton pada permukaan yang terlalu tinggi akan memiliki kadar air dan akan lebih lemah dan kurang tahan lama.

Beton akan mengeras di bawah air?

Semen Portland merupakan semen hidrolis yang berarti bahwa set dan mengeras karena adanya reaksi kimia dengan air. Akibatnya, hal itu akan mengeras di bawah air.

Apa kekuatan 28-hari artinya?

Beton mengeras dan memperoleh kekuatan seperti hydrates. Proses hidrasi berlanjut selama jangka waktu yang panjang. Itu terjadi dengan cepat pada awalnya dan melambat seiring berjalannya waktu. Untuk mengukur kekuatan akhir beton akan memerlukan beberapa tahun menunggu. Ini akan menjadi tidak praktis, sehingga periode waktu 28 hari ini dipilih oleh pihak berwenang menulis spesifikasi sebagai usia konkret bahwa semua harus diuji. Pada usia ini, persentase yang besar dari hidrasi telah terjadi.

Apa £ 3.000 beton?

Ini adalah beton yang cukup kuat untuk membawa stres tekan 3.000 psi (20,7 MPa) pada 28 hari. Beton dapat diperinci pada kekuatan lain juga. Beton konvensional memiliki kekuatan 7.000 psi atau kurang; beton dengan kekuatan antara 7.000 dan 14.500 psi dianggap tinggi kekuatan beton.

Bagaimana Anda mengontrol kekuatan beton?

Cara termudah untuk menambah kekuatan adalah dengan menambahkan semen. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kekuatan beton adalah rasio air semen dalam pasta semen yang mengikat agregat bersama-sama.Semakin tinggi rasio ini, semakin lemah akan beton dan sebaliknya. Setiap diinginkan properti fisik bahwa Anda dapat mengukur akan merugikan dilakukan dengan menambahkan lebih banyak air.

Bagaimana Anda menghapus noda dari beton?

Noda dapat dihilangkan dari beton dengan kering atau metode mekanis, atau dengan metode basah menggunakan bahan kimia atau air.

Common metode kering meliputi Sandblasting, api pembersihan dan shotblasting, menggiling, scabbing, perencanaan dan menyusuri. Sikat kawat baja harus digunakan dengan hati-hati karena mereka dapat meninggalkan partikel-partikel logam pada permukaan yang kemudian dapat karat dan noda beton.

Metode basah melibatkan aplikasi air atau bahan kimia tertentu sesuai dengan sifat noda. Perlakuan kimia baik melarutkan zat pewarnaan sehingga dapat dihapuskan dari permukaan beton atau zat pemutih yang pewarnaan sehingga tidak akan ditampilkan.

Untuk menghapus noda darah, misalnya, noda basah dengan air dan menutupnya dengan lapisan bubuk natrium peroksida; diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air dan gosok dengan penuh semangat. Ikuti dengan penerapan 5 persen larutan cuka untuk menetralkan natrium peroksida yang tersisa.

Apa saja selesai dekoratif yang dapat diterapkan pada permukaan beton?

Warna dapat ditambahkan untuk beton dengan menambahkan pigmen-sebelum atau setelah beton adalah tempat-dan menggunakan semen putih, bukan abu-abu semen konvensional, dengan menggunakan noda kimia, atau dengan memperlihatkan agregat berwarna-warni di permukaan. Bertekstur selesai dapat bervariasi dari yang halus ke kasar menggosok kerikil. Pola-pola geometris dapat mencetak gol, dicap, digulung, atau hias ke beton menyerupai batu, batu bata atau ubin paving. Pola menarik lainnya diperoleh dengan menggunakan strip pembagi (biasanya redwood) untuk membentuk panel yang terdiri dari berbagai ukuran dan bentuk persegi panjang, persegi, lingkaran atau berlian. Teknik khusus yang tersedia untuk membuat slip beton tahan dan berkilau.

Bagaimana Anda melindungi permukaan beton dari bahan-bahan yang agresif seperti asam?

Banyak bahan tidak berpengaruh pada beton. Namun, ada beberapa bahan yang agresif, seperti kebanyakan asam, yang dapat memiliki efek memburuk pada beton. Baris pertama pertahanan terhadap serangan kimia adalah dengan menggunakan beton mutu dengan bahan kimia maksimum perlawanan, diikuti oleh penerapan perawatan pelindung untuk menjaga bahan korosif dari menghubungi beton. Prinsip-prinsip dan praktek-praktek yang dapat meningkatkan ketahanan kimia beton termasuk menggunakan air rendah rasio semen, memilih jenis semen yang cocok (seperti semen tahan sulfat untuk mencegah serangan sulfat), dengan menggunakan sesuai agregat, air dan udara entrainment. Sejumlah besar formulasi kimia tersedia sebagai sealers dan pelapisan untuk melindungi beton dari berbagai lingkungan; rinci harus diminta rekomendasi dari pabrikan, formulator atau pemasok bahan.

Apakah ada spesifikasi internasional universal untuk semen portland?

Setiap negara memiliki standar sendiri untuk semen portland, sehingga tidak ada standar internasional yang universal. Amerika Serikat menggunakan spesifikasi disiapkan oleh American Society for Testing dan Materials-ASTM C-150 Standar Spesifikasi untuk Semen Portland. Ada beberapa negara-negara lain yang juga telah mengadopsi ini sebagai standar mereka, bagaimanapun, ada banyak spesifikasi lain. Sayangnya, mereka tidak menggunakan kriteria yang sama untuk mengukur sifat dan mendefinisikan karakteristik fisik sehingga mereka hampir "non-diterjemahkan." Asosiasi Semen Eropa terletak di Brussel, Belgia, menerbitkan sebuah buku berjudul "Semen Standar Dunia."

Apa alkali-silika reaktifitas (ASR)?

Alkali-silika reaktifitas adalah reaksi luas antara bentuk silika reaktif dalam agregat dan kalium dan sodium alkali, sebagian besar dari semen, tetapi juga dari agregat, pozzolans, admixtures dan pencampuran air. Sumber eksternal alkali dari tanah, deicers dan proses industri dapat juga berkontribusi terhadap reaktivitas. Bentuk reaksi alkali-silika gel yang membengkak seperti air menarik dari pasta semen di sekitarnya, sehingga merangsang tekanan, perluasan dan cracking dari agregat dan sekitarnya pasta. Hal ini sering menghasilkan peta-pola retakan, kadang-kadang disebut sebagai pola buaya cracking. ASR dapat dihindari melalui 1) seleksi agregat yang tepat, 2) penggunaan campuran semen, 3) penggunaan bahan pozzolanic tepat dan 4) pencampuran bebas kontaminan air.

Apakah ada berbagai jenis semen portland?

Meskipun semua semen portland pada dasarnya sama, delapan jenis semen yang diproduksi untuk memenuhi berbagai persyaratan fisik dan kimia untuk aplikasi khusus:

  • Tipe I adalah semen portland tujuan umum cocok untuk sebagian besar menggunakan.
  • Tipe II digunakan untuk struktur di tanah air atau takaran sedang mengandung sulfat, atau ketika panas build-up tersebut terjadi.
  • Type III semen memberikan kekuatan tinggi pada keadaan awal, biasanya dalam seminggu atau kurang.
  • Jenis IV moderat panas yang dihasilkan oleh hidrasi yang digunkan untuk struktur beton besar seperti bendungan.
  • Semen tipe V menolak serangan kimia dan air tanah sulfat tinggi.
  • Jenis IA, IIA dan IIIA adalah semen yang digunakan untuk membuat beton entrained udara. Mereka memiliki properti yang sama seperti tipe I, II, dan III, kecuali bahwa mereka memiliki jumlah kecil udara-bahan entrained dikombinasikan dengan mereka.

Semen portland putih terbuat dari bahan baku yang mengandung sedikit atau tanpa besi atau mangan, zat yang memberikan semen konvensional dengan warna abu-abu.

Monday, March 8, 2010

Pengecoran Beton

Apa saja yang harus diperhatikan pada saat pengecoran beton agar didapat hasil yang bagus?

Bila kita membeli beton readymix, pada saat beton segar keluar dari truck mixer / molen, sebaiknya dilakukan test slump terlebih dahulu untuk melihat apakah beton memiliki workability / mudah untuk dituang dan diratakan dalam cetakan bekisting / formwork. Tidak terlalu encer juga tidak terlalu keras. Test slump dilakukan dengan menuang beton mentah ke dalam cetakan besi berbentuk kerucut terpancung / Kerucut Abram's (kira-kira tinggi 30cm). Beton dimasukkan kemudian ditusuk-tusuk agar beton rata dan padat. Kemudian setelah penuh, cetakan kerucut diangkat perlahan-lahan, beton akan runtuh sebagian, ketinggian runtuh itu yang disebut nilai slump. Nilai rata-rata yang baik kira-kira sekitar 10 - 15 cm.

Selain itu setting time beton perlu diperhatikan, yaitu waktu yang diperlukan sejak pertama adukan beton ditambah air sampai reaksi semen air mulai mengeras. Biasanya sekitar 90 menit. Jangan mau apabila hendak ditambahkan air di truck mixer dengan alasan agar beton yang sudah mulai agak keras menjadi lebih encer karena akan mengurangi kekuatannya, bila perlu tolak / reject. Jangan pertaruhkan struktur anda. Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan sebelum menuang beton adalah kebersihan formwork, jangan sampai ada kotoran, sisa gergajian kayu cetakan. Bila memungkinkan gunakan compressor udara untuk membersihkan.

Biasanya campuran Readymix, tidak selamanya konsisten (bisa disebabkan faktor kandungan air dalam agregat), penambahan air bisa dilakukan dengan ijin direksi/ pengawas lapangan, tetapi perlu diingat bahwa nilai slump harus memenuhi persyaratan.

Bagaimana bila kondisi hujan atau terdapat genangan air / mata air, apakah pengecoran masih tetap dilanjutkan? Bila dalam kondisi hujan sebaiknya, disiapkan terlebih dahulu pelindung diatas pekerjaan pengecoran (untuk mengurangi penambahan air) biasanya berupa kain terpal.
Bila kondisi pengecoran terdapat genangan air yang sulit dihilangkan, walapun melalui metode dewatering, perlu dihitung volume genangan air, dan dianggap sebagai faktor penambah air yang tidak mempengaruhi nilai slump (kondisi beton segar harus diperhitungkan dengan penambahan genangan air).

Pada saat menuang beton, tinggi jatuh beton tidak boleh lebih dari 1.5m, hal ini agar tidak terjadi segregasi atau pemisahan partikel dengan berat jenis lebih berat (kerikil) yang jatuh lebih dahulu dengan partikel pasir dan semen yang lebih ringan. Hal ini menyebabkan kekuatan beton jauh berkurang. Apabila memang susah terjangkau, dapat digunakan tremi atau pipa untuk menyalurkan beton

Beton yang sudah dalam cetakan / formwork harus digetar menggunakan alat vibrator agar partikel2 dalam beton merata dan lebih padat, Seluruh area harus dilakukan penggetaran. Setelah itu permukaan di siar agar rata dan halus.

Beton sudah selesai dicor, tapi pekerjaan belum selesai. Hal yang harus dilakukan adalah proses perawatan / curing beton. Proses ini diperlukan untuk menjaga suhu beton agar tidak terlalu drastis berubah dan menghindari penguapan yang terlalu cepat dan berlebihan. Beton mentah menimbulkan panas karena reaksi semen dengan air. Proses curing ini bisa dilakukan dengan menyiram dan merendam dengan air, dijaga agar permukaan selalu basah. Bisa juga dilakukan dengan menaruh korung goni basah di atas pelat beton yang baru di cor agar penguapan yang terjadi lebih kecil, siram air lagi bila karung goni mulai kering. Boleh juga menggunakan bahan kimia yang disebut curing compound, pengaplikasian jangka waktu nya ditetapkan dalam spesifikasi produk.

Bagaimana untuk beton yang urgent penggunaannya (dibawah 28 hari)? untuk beton yang sangat urgent sekali penggunaannya, maka untuk mendapatkan mutu yang akan dicapai, maka hal wajib yang harus dilakukan Engineer adalah menaikan mutu rencana beton, maka mutu beton yang harus dicapai diperhitungkan agar tercapai pada umur yang singkat 3 hari/ 7 hari.

Proyek Fisik JSS dimulai 2012

JAKARTA (SI) – Pemerintah menargetkan pembangunan fisik Jembatan Selat Sunda (JSS) dimulai pada pertengahan 2012 setelah studi kelayakan (feasibility study) dilanjutkan oleh pihak pemrakarsa.

”Sampai sekarang memang belum ada keputusan dari Tim Nasional JSS bahwa hasil studi yang dilakukan pemrakarsa sudah cukup untuk ditetapkan sebagai pemrakarsa atau tidak,” kata Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas Dedy Supriadi Priatna di Jakarta kemarin. Dedy mengatakan, Bappenas memperkirakan kegiatan studi tersebut membutuhkan tambahan waktu hingga 1,5 tahun lagi.Tambahan ini untuk melengkapi hasil studi dasar laut karena hasil studi sebelumnya tidak lengkap. ”Itu sudah dipercepat dari dua tahun menjadi 1,5 tahun,”kata dia.

Menurut dia, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pembangunan JSS. Hal ini karena pembangunan jembatan dengan panjang mencapai 2.200 meter dengan bentang samping 2x800 meter,dan total bentangan keseluruhan mencapai 3.800 meter tersebut merupakan proyek lintas sektoral yang harus disepakati bersama. ”Intinya jembatan itu harus segera dibangun karena memang sangat dibutuhkan,”ujarnya. Dedy menuturkan, pada awal 2012 desain dasar (basic design) ditargetkan selesai dan akan dilakukan tender engineering, procurement, and construction (EPC) yang berdasarkan desain dasar tersebut. Dalam desain dasar tersebut akan diperhitungkan beberapa aspek yakni faktor kegempaan, arus laut,kekuatan angin,dan lainnya.

”Jadi feasibility study dengan basic design berjalan bersamaan. Pembangunan fisik JSS (Jembatan Selat Sunda) paling tidak akan dimulai pertengahan 2012,dengan melibatkan public private partnership (PPP),”urainya. Pada pembangunan JSS sepanjang 29 km ini akan ada lima tahap yakni pertama dibangun dengan beton, kedua jembatan gantung ultra panjang, ketiga jembatan beton,keempat jembatan gantung ultra panjang, dan kelima kembali dengan beton. ”Untuk tugas harian, pemerintah bisa membentuk tim-tim kerja, termasuk institusi karena proyek ini sangat lintas sektoral,”kata Dedy.

Pembangunan JSS diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) No 36/2009) tentang Tim Nasional Pembangunan JSS yang diketuai oleh menko perekonomian, kemudian menko polhukam sebagai wakil. Sementara menteri pekerjaan umum menjadi ketua harian, dan menteri perhubungan sebagai wakil ketua harian. ”Menteri ini berhak menyusun segala macam kajian dan membentuk kelompok kerja dan sekretariat yang sedang digodok oleh (Kementerian) Pekerjaan Umum.

Pihak pemrakarsa yang diusulkan Gubernur Lampung dan Banten adalah PT BSM Bangungraha, namun pemerintah belum menetapkannya sebagai pemrakarsa karena hasil studi yang mereka lakukan masih berbentuk prastudi,” kata Dedy. (bernadette lilia nova)

sumber: http://www.seputar-indonesia.com

Jembatan Selat Sunda Dimulai 2010

Bandar Lampung, Kompas - Gubernur Lampung Sjachroedin ZP optimistis pembangunan Jembatan Selat Sunda yang diawali dengan pemancangan tiang pertama bisa dimulai pada akhir tahun 2010. Studi kelayakan pembangunan sudah mencapai 70 persen.

”Dari studi kelayakan itu, satu- satunya cara untuk menghubungkan Bakauheni-Merak secara lebih cepat adalah dengan membangun jembatan, bukan terowongan,” kata Sjachroedin dalam seminar bertema ”Lampung Menyongsong Jembatan Selat Sunda” di Bandar Lampung, Selasa (26/1).

Menurit Sjachroedin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah membentuk tim pengkaji pembangunan Jembatan Selat Sunda. Hasil kajian tim tengah ditunggu sehingga pembangunan bisa segera dimulai.

Sesuai rencana desain, Jembatan Selat Sunda terbentang sepanjang 31 kilometer dengan lebar 60 meter dan ketinggian 70 meter dari muka pasang air laut. Jembatan akan dibagi menjadi dua dengan jalur tengah sebagai jalur rel ganda kereta api.

Total investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan Jembatan Selat Sunda sekitar Rp 100 triliun. ”Dana pembangunan nanti sharing antara pemerintah dan swasta,” ujar Sjachroedin.


Benahi tata ruang

Berdasarkan data dari PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bakauheni, saat ini sekitar 3.500 unit kendaraan dan 2.500 orang diangkut kapal feri roro per hari.

Pimpinan Bank Indonesia Bandar Lampung, Mokhammad Dakhlan, mengharapkan pemerintah daerah setempat membuat kebijakan investasi yang bisa menarik. Dengan demikian, Lampung menjadi tempat yang menarik bagi investor. Investor tidak hanya datang mencari komoditas ekspor, tetapi juga mendirikan pabrik di Lampung.

”Jika selama ini Lampung hanya mengirim komoditas ekspor langsung melalui Pelabuhan Panjang, nantinya Lampung bisa ekspor dalam bentuk barang setengah jadi atau sudah mendapat nilai tambah,” ujar Dakhlan.

M Ikhsan Modjo, ekonom Universitas Airlangga, Surabaya, yang juga Direktur Eksekutif Indef, menilai Lampung bakal menjadi penghubung Jawa-Sumatera. Lampung juga akan menjadi daerah yang paling merasakan manfaat ekonomi dari hadirnya jembatan tersebut.

Kehadiran jembatan juga akan mengubah tata ruang dan jenis pencarian masyarakat. ”Lampung yang berbasis pertanian, ada baiknya jika tata ruang diarahkan ke pembangunan kawasan industri berbasis agroindustri,” ujar Ikhsan. (hln)


sumber: http://cetak.kompas.com